Menjalankan ISO saat komputer start-up dengan Avlgomgr

Menjalankan ISO saat komputer start-up dengan Avlgomgr

Sering kali kita ingin melakukan percobaan atau memuaskan rasa ingin tahu kita tentang product atau platform tertentu yang terbaru atau sudah lama tetapi kita belum mencicipinya. Dengan adanya software virtualisasi baik yang berbayar maupun yang gratisan, untuk melakukan hal tersebut bukanlah hal yang relatif sulit. Selain itu, dengan virtualisasi, induk dari sistem operasi kita tidak akan terganggu jika terjadi masalah dengan sistem operasi yang kita tanam di dalamnya. Secara teknis, sudah banyak cara yang di publish di internet bagaimana cara melakukan hal tersebut di atas terkait dengan software yang di gunakan.

Namun, kali ini saya mencoba untuk menggunakan satu tool yang bernama Avlgomgr yang relatif kecil untuk menjalankan file image pada saat komputer atau laptop kita start up ( bisa di katakan sama dengan mulitboot)

triknya adalah, kita akan membuat multiboot saat sistem opeasi widows booting dengan menggunakan file image baik itu ISO, IMA, ataupun IMG dengan menggunakan utility yang akan mengedit boot.ini si windows, sehingga pada waktu booting terdapat option untuk memilih System Operasi yang kita inginkan.

Berikut bahan dan caranya.

  • utility Avlgomgr. exe. Jika belum ada download di sini (451.19 KB)
  • sistem operasi windows, baik itu : NT4, Windows 2000, Xp, 2003
  • sebuah image ( ISO, IMG, atau IMA) yang berisi Operating system windows atau yang lainnya
  • spesifikasi komputer yang sesuai dengan requirement untuk menjalankan Operating system tersebut

Caranya:
  1. download dan extract tool Avlgomgr.exe dan letakkan di root C:
  2. letakkan file image di root C: . Dan perlu di ingat bahwa untuk penamaannya harus mengikuti format 8.3 dan harus bahasa inggris, misalnya : server.iso
  3. jalankan avlgomgr.exe dan dari full path of image file : [cari file isonya, yaitu di c:\server.iso]. Untuk yang lain biarkan seperti defaultnya
  4. kemudian klik "assemble"
  5. restart komputer untuk melihat hasilnya.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 6:48 PM Kategori:

1 comment:

Indahnya Berbagi :